Archives
August 2017
S M T W T F S
« Mar    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

fitur Journal pada file system

Pencatatan (journaling) merupakan salah satu keistimewaan dari file systems yang modern. Suatu file system journal akan men-cache data yang akan dituliskan ke file system untuk memastikan agar data tersebut tidak hilang ketika terjadi power loss atau system malfunction. Menganalisa journal data dapat membantu dalam mengidentifikasi file-file mana yang baru saja di-overwrite. Pada kondisi-kondisi tertentu, dengan menganalisa journal file systems kita dapat mengetahui atau melihat file-file yang sudah dihapus ataupun previous version dari suatu file tanpa harus melakukan review pada hex dump dari sebuah drive. Pembahasan kali ini adalah mengenai journal pada file system ReiserFS dan ext3.

Pencatatan (journaling) adalah suatu kemajuan teknologi dari file systems. Fitur ini bekerja pada semua file systems yang modern, termasuk NTFS (Windows-NT/2000/XP), HFSJ (Mac OS X), ext3 (Linux), dan ReiserFS (Linux).

Suatu file system journal bekerja dengan cara men-cache sebagian atau seluruh data yang ditulis pada suatu bagian dari disk sebelum ditulis ke file system. Ketika suatu saat terjadi power loss, malfunction, atau sesuatu yang tidak normal, journal tersebut dapat diulangi kembali untuk menyelesaikan penulisan yang belum selesai sehingga dapat menghindari file system corruption karena operasi penulisan yang belum selesai. Ini berarti bahwa previous file akan disimpan dengan periode terbatas di luar normal file system. Karena itu, walaupun suatu file tertimpa (overwritten) atau terhapus, dimungkinkan untuk mengembalikan lagi konten dari file tersebut dengan menganalisa journal dari suatu file system.

untuk pembahasan lengkapnya, silahkan download versi pdf di sini

2 Responses to “fitur Journal pada file system”

Leave a Reply

Search